Terkenalnya Batik Indonesia ke Manca Negara

Batik Indonesia memanglah sebuah busana khas yang didalamnya kaya akan nilai budaya, seni, dan juga filosofi hidup yang sangat bagus untuk dipakai diberbagai kegiatan. Batik sendiri tak sekedar hanya sebagai textile biasa melainkan kain yang bisa dibuat aneka busana baik untuk dipakai oleh pria dan wanita yang ketika memakainya akan memberikan nuansa tersendiri seperti menaikkan rasa percaya diri, menambah wibawa atau juga memberikan kesan etnik dan menjunjung tinggi nilai budaya.

Oleh karena itu banyak dari pejabat tinggi dari negeri ini yang suka memakai busana batik baik untuk kemeja maupun juga sebagai busana kebaya untuk wanita. Karena petinggi negeri ini sering berinteraksi dengan pejabat tinggi dari negara lain, maka batik juga terkenal sampai manca negara. Tidak sedikit para kepala negara dan jajaran pejabat dibawahnya dari negara lain yang pernah berbatik ketika menghadiri pertemuan internasional. Orang orang dari amerika latin, afrika, dan eropa lah yang lebih sering berminat membeli batik dan memakainya sebagai busana mereka.

artikel terkait : pabrik kain batik terpopuler

Motif motif batik yang detil dan indah seperti halnya batik yang berasal dari solo dan yogyakarta lebih sering memukau orang orang asing. Orang asing terlihat sangat terpukau ketika melihat detilnya ornamen dan warna di motif batik. Apalagi setelah mengetahui bagaimana proses membatik baik batik tulis dan batik cap yang prosesnya panjang dan memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Hal ini terjadi mungkin mereka hanya menemukan textile dengan gambar gambar yang detil seperti ini hanya diindonesia saja.

Kunjungan turis asing ke objek objek wisata di Indonesia seperti Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan pantura juga menambah populernya batik hingga ke manca negara. Banyak turis asing yang suka memborong kain batik ataupun juga busana batik bila mereka berkunjung ke pusat pusat toko batik atau gallery batik di lokasi penjualan souvenir.

Selain itu ada juga designer busana yang terkenal di negeri Eropa dan Amerika yang juga pernah mengusung batik sebagai hasil rancangan mereka. Memang sih tidak secara terang terangan mereka memberi nama hasil rancangan busana mereka dengan nama batik, tetapi textile batik benar benar ada di busana tersebut. Hasil design busana yang mengkombinasikan kain batik dengan textile pendukung sering dipakai oleh artis barat dan tertangkap kamera para peliput berita. Di hasil foto candid camera itu, nampaklah artis itu dengan busana batik yang bagus. Bila foto artis itu sampai terupload di media sosial, selalu ada netizen yang berkomentar bahwa yang dipakainya itu adalah batik dan tentunya berasal dari Indonesia.

Hal yang memperkuat bahwa batik sudah populer dari luar negeri adalah adanya permintaan belanja batik secara online yang tujuan kirimnya adalah negeri Eropa.

Tinggalkan komentar