Peluang Bisnis Kemeja Batik Pria yang Selalu Laris

Seolah busana batik untuk pria berupa kemeja batik lengan panjang ataupun juga batik berlengan pendek tiada trendnya dan selalu laris dibutuhkan oleh para pria dari seluruh Indonesia. Memang busana pria modelnya hanya itu itu saja dan sangat berbeda dengan busana wanita yang model dan trendnya lebih cepat berubah dan model yang lama tidak akan dipakai kembali.

Karena busana pria yang hampir tidak mengalami banyak perubahan trend, tentu saja ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk membuat kemeja batik dan menjualnya kepada para peminat batik untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan. Berbisnis kemeja batik untuk pria ini layak diusahakan termasuk oleh para pebisnis pemula karena kemeja batik pria tidak terpengaruh oleh trend dan tidak lekang waktu sehingga resikonya sangat kecil. Namun begitu, dalam pembuatan baju kemeja batik tidak boleh sembarangan dan asal begitu saja. Diperlukan perencanaan bisnis dan rancangan design agar produk yang dihasilkan akan laris ketika dilaunching ke pasaran.

Berikut adalah tips untuk memulai usaha produksi kemeja batik pria agar hasilnya lebih baik dan lebih disukai oleh konsumen :

  1. Perhatikan kain batik yang akan digunakan

Memilih kain batik termasuk kedalam perencanaan bisnis dan rancangan design yang harus dilakukan dengan baik. Yang pertama tentukanlah pangsa pasar bisnis anda. Mau membidik segmen pemakai batik dari kalangan kaum muda atau orang tua. Jika segmen calon konsumen batik anda adalah anak muda, maka pemilihan motif batik dan warna haruslah diriset secara matang.

Untuk bisa mempermudah riset anda, sebagai pebisnis pemula anda bisa membuka marketplace ataupun google untuk mencari kemeja batik seperti apa yang terlaris di marketplace itu. Jangan sampai anda membuat kemeja batik yang pemilihan motif dan warnanya hanya menuruti nafsu anda dan bukanlah yang sesuai dengan keinginan calon konsumen. Bisa bisa produk anda tidak laku ketika dijual.

  • Belanja kain di penjual yang lebih murah

Setelah anda paham jenis kain batik dengan motif dan warna apa yang akan dibuat menjadi kemeja batik, maka selanjutnya adalah berbelanja kain batik tersebut.

Kembali lagi kepada riset. Risetlah dimana anda bisa membeli kain batik dengan kualitas terbaik dan juga harga paling terjangkau. karena ini akan sangat menentukan nasib produk anda dalam hal kualitas serta penetapan harga jual. Riset bisa dilakukan dengan berkunjung ke pusat pusat penjualan textile batik atau di gallery gallery kecil milik home industri batik. Umumnya untuk kemeja batik yang harganya kurang dari 250 ribuan, maka akan digunakan kain batik jenis batik printing.

Penting sekali ketika membeli batik yaitu memastikan bahwa kain batik yang akan anda beli termasuk batik yang tidak luntur. Selain itu belilah sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk meneliti baik kehalusan serat kain dan motif batiknya barang kali ada cacat. Pilihlah kain batik yang kualitas halus.

  • Bawa kain batik ke konveksi profesional

Solusi untuk bisa membuat kemeja batik dengan biaya jahit terjangkau sehingga bisa menekan harga produksi serta membuat harga baju batik lebih terjangkau adalah dengan meminta jasa konveksi untuk membuatkan baju untuk anda. Umumnya konveksi kecil bersedia menerima order dengan jumlah yang minimal misalnya saja dengan jumlah 50 potong saja.

Agar hasilnya memuaskan anda, maka sebaiknya anda membawa sample baju kemeja batik jadi atau meminta mereka untuk membuatkan satu sample terlebih dahulu. Penting juga untuk berdiskusi dengan pihak manager konveksi tentang design anda serta ukuran baju kemeja yang menurut anda bagus. kaum muda lebih menyukai ukuran kemeja batik yang fit di tubuh mereka.

  • Jual ke teman teman anda dan tawarkan di sosial media anda

Langkah selanjutnya Setelah produk kemeja batik anda jadi dan sudah dipacking adalah proses berjualan. Cara termudah untuk pertama kali adalah dengan menawarkannya ke teman teman, kerabat dan juga memposting di sosial media anda. Ada juga cara lain yaitu menjualnya di marketplace. Cara jualan online lebih sering dipilih karena bayarnya cash / tunai serta tidak memerlukan biaya pengadaan toko.

Pelatihan pabrik batik di indonesia mendapatkan dukungan pemerintah

Tinggalkan komentar