Batik Gelap Awal serta Air Mata SBY di Makam Ani Yudhoyono

Kacamata gelap SBY terpasang menutupi matanya yang bisa jadi sedang sembab. Ia berkunjung ke kober istrinya, Ani Yudhoyono di TMP Kalibata.

Ia tidak sendiri, ia ditemani anak, cucu, serta menantunya. Dengan menggunakan kopiah, SBY serta keluarganya akur berpakaian batik gelap. Sebaliknya para menantu perempuannya mengenakan kain batik ini bagaikan anak buah dari kebaya putih gading.

Batik sebentuk keluarga yang digunakan SBY nampak sering di dengar. Ini bukan batik terkini. Semenjak sebagian durasi kemudian, batik ini telah sempat diamati khalayak dikala kain batik phoenix bermotif sawunggaling ini digunakan buat menutupi jenazah Ani Yudhoyono.

” Jenazah( Ani) ditutup dengan kain ini pakaian ini,” tutur SBY di TMP Kalibata, Rabu( 5 atau 6).

” Serta beliau( sempat) bilang digunakan di Rumah sakit dikala Idulfitri. Serta ini telah digunakan bunda dikala dibawa dari rumah sakit ke langgar di KBRI.”

Pakaian Idulfitri Keluarga Yudhoyono

Sambil menahan isak sebab mengenang kenangannya bersama si istri, SBY juga sedikit bercerita mengenai kerutinan istrinya.

Menghadap Idul Fitri, Ani senantiasa mempersiapkan pakaian yang hendak digunakan dikala Halal bi halal.

” Tercantum 10 tahun jadi bunda negeri, senantiasa pikirkan doa Id, setelah itu halal bi halal gunakan busana apa. Bunda Ani yang memilah serta menganjurkan saat sebelum aku serta kanak- kanak dimohon opini. Umumnya pakaian koko serta batik,” tuturnya.

” Umumnya jelas rupanya( bajunya). Aku tidak paham ataupun membekuk terdapat pertanda kala Bunda Ani seleksi pakaian batik gelap.”

” Batik yang kita gunakan ini diseleksi bunda. Rupanya gelap. Umumnya tidak sempat gelap.”

Ingatan Kain Batik Phoenix SBY- Ani YudhoyonoFoto: CNN Indonesia atau Hesti Rika

Batik gelap SBY serta keluarganya ini dihiasi dengan corak sawunggaling yang sejenak nampak semacam kukila phoenix.

Papa dari Agus Yudhoyono serta Ibas ini pula mengatakan terdapat arti khusus untuknya terpaut corak itu. Tutur ia, batik sawunggaling mempunyai arti kukila yang melambung ke kayangan.

” Cuma terdapat satu kain utuh yang sedang belum dijahit. Ini digunakan oleh AHY serta Anissa Pohan.”

” Kemudian kita bimbang catatan pakainya gimana sebab sedang terdapat perlengkapan pemeliharaan. Nyatanya Subhanallah, kita tidak lumayan pintar serta sensitif membekuk apa yang di informasikan bunda Ani.”

Kain utuh yang belum terjahit ini juga dipakai buat menutupi jenazah Ani di rumah sakit.

” Itu ingatan bagus, umumnya batik ini kita sujud memohon maaf. Ani pula umumnya memohon maaf ke aku bagaikan wujud penghomatan kepada suami,” cakap SBY sambil terisak.

Tinggalkan komentar