5 Tips Memilih Baju Batik untuk gaya fashion yang bagus

5 Tips Memilih Baju Batik

Baju batik kini telah menjadi pakaian yang sering dipakai oleh masyarakat untuk menghadiri acara acara formal.

Bahkan kini pemerintah daerah pada giat mengkampanyekan dan bahkan mewajibkan pemakaian baju batik untuk semua PNS dan pegawai swasta sebagai baju seragam kerja mereka.

sehingga pabrik batik dalam tahun ke tahun perkembangannya sangat meningkat. terbukti dari beberapa permintaan dari online sangat tinggi.

Untuk itu, article berikut ini semoga bermanfaat untuk membantu anda memiih batik agar penampilan anda semakin bagus ketika berbatik.

Artikel terkait : makna di dalam macam macam motif batik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih batik agar gaya fashion anda pas dan sedap dipandang oleh orang lain:

  1. Ukuran busana Batik anda

Ukuran baju batik seringnya menjadi problem bagi sebagian orang. Karena baju batik untuk pria maupun untuk wanita yang dijual dalam bentuk busana jadi memilik ukuran yang dibuat all size.

Bisa jadi anda menemukan kemeja batik yang lengannya kebesaran, bagian samping terlalu lebar, atau bagian lain yang tidak pas dengan tubuh anda. Bagusnya busana batik, baik kemeja batik untuk pria maupun gaun / gamis batik untuk wanita ukurannya adalah tidak kebesaran dan tidak terlalu kekecilan.

Jadi ukurannya harus pas untuk mendapatkan kesan elegan. Jadi bagi anda yang bertubuh tidak standar, mending belanja kain batik dan membawanya kepada penjahit.

2. Bahan Batik

Bahan batik yang disarankan untuk dipakai di acara kasual atau mau dipakai kerja adalah kain batik katun karena bahan ini sangat mudah menyerap keringat. Bahan katun berpori besar dan cocok untuk lingkungan yang berudara panas atau kegiatan yang aktif.

Kalau anda mau menghadiri acara pesta yang ruangan ber AC, maka silahkan gunakan batik berbahan silk agar tampilan anda terlihat mewah.

3. Warna Batik

Pemilihan warna kain batik untuk busana anda sangat penting ya. Hal ini terkait dengan warna dasar batik dengan warna kulit anda. Apabila anda berkulit putih bersih, tentu tidak masalah kalau anda memakai batik dengan warna sesuka anda atau alias semua warna cocok dengan kulit anda.

Tetapi kalau warna kulit anda gelap dan kehitaman maka hindari penggunaan baju batik dengan warna dasar dan warna motif yang hijau, hitam dan coklat tanah. Ketiga warna ini membuat orang berkulit gelap tampak kurang keluar auranya. Maka pakailah batik yang terang seperti warna putih, kuning, biru dll

4. Motif Batik

Jika ukuran tubuh anda besar atau gemuk, maka anda disarankan untuk memilih kain batik yang bermotif geometris kecil kecil agar bisa menyamarkan kelebihan beratbadan anda.

Sebaliknya kalau ukuran tubuh anda kurus dan mungil, maka pilih saja kain batik dengan motif geometris yang sedang untuk tubuh anda terlihat berisi.

5. Batik Casual atau Formal

Mau pilih mana berbatik yang casual atau yang formal?
Silahkan sesuaikan dengan kegiatan anda ya. Pasti akan terlihat agak lucu kalau anda datang di acara resmi tetapi pakaian batik yang anda pakai adalah batik yang bergaya santai dan warnanya terlalu ceria.

Untuk bergaul dengan teman teman di acara tidak resmi atau acara keluarga yang santai, anda boleh memilih busana batik dengan motif tumbuhan atau flora dengan warna warni yang cerah cerah.

Beda halnya untuk kerja. Anda disarankan memakai busana batik yang berwarna dasar gelap seperti hitam, atau coklat tua agar penampilan anda tampak profesional dan berwibawa.

Selain itu, pada baju batik yang anda kenakan juga disarankan untuk bisa menambahkan kombinasi kain polos agar fashion anda lebih bagus.

Kalau mau datang ke pesta, anda bisa memakai baju batik dengan perpaduan motif dan warna. Yang perlu diingat adalah menyesuaikan kombinasi berbusana anda.

Jika anda seorang wanita memakai kebaya, maka bawahan batik harus dilengkapi dengan atasan yang polos.

Sedangkan jika anda pria berkemeja batik maka anda harus memakai bawahan celana polos. Nah itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk tampil lebih baik ketika berbusana batik.

Tinggalkan komentar