10 Tips Mencuci Baju Batik Agar Tetap Awet

10 TIPS MENCUCI BAJU BATIK

Hallo sahabat fashion, apakah anda punya baju dari batik di rumah? Tentu saja semua orang yang punya baju batik pasti ingin batik kesayangannya warnanya awet dan kainnya awet. Karena baju batik ternyata memerlukan perlakuan yang berbeda dari baju dari bahan tekstile lainnya.

Berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa anda lakukan untuk merawat batik kesayangan anda agar tetap awet walau sering dipakai dan dicuci:

1. Silahkan cuci batik kesayangan anda terpisah atau tersendiri ya dari pakaian lain, dan usahakan gunakan sabun khusus yang bisa dibeli di toko batik.

2. kalau sahabat tidak bisa menemukan sabun khusus batik atau sedang malas mencarinya, maka sahabat bisa  mencuci kain batik dengan shampo rambut. Gunakan saja shampoo rambut yang harganya murah. Sebelumnya, larutkan shampo di air dan kocok airnya sampai busa keluar dan tak ada bagian yang mengental. Lalu, celupkan kain batik dan kucek perlahan.

3. Kalau di desa yang kebetulan ada buah lerak, maka anda bisa mencuci batik dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam dengan air hangat. Buah lerak atau daun dilem yang sudah lunak bisa diremas remas sampai mengeluarkan busa yang selanjutnya air busa tersebut bisa digunakan untuk mencuci baju batik anda. Memang sedikit ribet sih.

Artikel terkait : Tempat berbelanja batik Terbaik

4. Penting ya. Jangan mencuci baju batik dengan memakai detergen baju dan disikat. Jika batik tidak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Tapi jika terkena kotoran semisal noda makanan, maka anda  bisa membersihkan dengan  sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, cukup dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk di bagian permukaan kain batik yang kotor tadi.

5. Penting juga sebaiknya jangan mencuci batik dengan mesin cuci karena mesin cuci bisa merobek kain batik yang umumnya dadi bahan katun yang tipis.

6. Setelah dicuci hingga bersih, maka anda tak perlu memeras kain batik yang basah. Cukup hanger baju batik tersebut dan diangin anginkan di tempat teduh. Baju batik katun yang tipis akan cepat kering kok walau hanya terkena angina. Hindarkan dari sinar matahari agar warna batik tidak cepat pudar.

7. Jika sudah kering diangin anginkan di tempat teduh tadi, selanjutnya hindari menyetrika batik secara langsung ya. Cara menyetrika baju batik yang benar adalah dengan menyemprotkan air ke permukaan baju terlebih dahulu, lalu letakkan selembar kain di atas baju batik tadi baru disetrika.

8. Kalau sahabat mau memakai batik ini dalam beberapa hari ke depan, maka cukup hanger baju batik anda dan disimpan di lemari yang ada gantungan hangernya.

9 . Tapi jika sahabat tidak ada rencana untuk memakai baju batik itu dalam minggu minggu ini atau masih lama memakainya. Maka simpanlah baju batik kesayangan Anda dalam plastik agar tidak cepat baud an tidak dimakan ngengat. Ingat jangan memberi kapur barus di dalam lemari anda ya, karena zat kapur barus ini sangat keras dan bisa merusak batik.

10. Cara lain agar batik kesayangan anda ini tidak dimakan ngengat, anda bisa meletakkan akar wangi di dalam lemari anda karena wangi alami dari akar wangi aman untuk semua baju batik.

Nah sudah tahukan sahabat fashion tentang cara merawat batik agar baju batik kesayangan anda lebih awet. Sekarang pada stop ya menggunakan cara merawat batikĀ  dengan cara lama ketika batik anda kotor. Selamat mencoba.

Author artikel : pabrik batik

Tinggalkan komentar